PERAN PEMUDA SEBAGAI AGEN ANTI KORUPSI

“aku menemukan mutiara cinta romantis ketika turun ke jalan
dan melihat orang-orang, dan disana ada
drama, kebahagiaan, kesedihan, sesuatu yang kotor,
dan juga sesuatu yang bersih”

Cinta Tidak Melulu Tentang Hubungan Lawan Jenis. Mencintai Kehidupan Juga Bagian Dari Mutiara Cinta Yang Alami. Bahkan Lebih Menyegarkan, Karena Akan Mengalir Sebagaimana Nasib Yang Membawamu Ke Masa Depan.

 
 Meunasah Blang, Sakti, Kota bakti: Kehidupan sosial merupakan hal yang tidak pernah terlepas dari kehidupan seorang manusia, kehidupan sosial menjadi interaksi yang harus terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat. Seiring dengan berjalanan waktu keadaan sosial terus berubah. Pergeseran sosial terus mengikuti arus perubahan zaman dan teknologi. Perubahan sosial yang terjadi perlu perhatian yang khusus karena dapat mengubah nilai-nilai yang sebelumnya menjadi panutan dan kepercayaan dalam masyarakat.
       Pemuda menjadi agen yang sangat penting dalam mengawasi setiap perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Karena masa muda merupakan masa puncak produktifitas dalam menciptakan hasil cipta karya dalam tahapan pertumbuhan manusia, seorang pemuda harus mempunyai kesiapan untuk menghadapi gejolak perubahan lingkungan dan mampu membantengi diri dan masyarakat di sekitarnya agar tidak terbawa arus  sosial yang tidak menentu.
       Fenomena sosial yang terjadi di masyarakat menunjukkan begitu banyaknya tantangan yang harus dihadapi oleh pemuda di lingkungan di sekitarnya, seperti jurang kemiskinan, kesejahteraan yang belum menyeluruh, serta keadilan hukum yang seolah memihak kepada kelompok tertentu, serta yang sudah menjadi penyakit paling parah adalah Korupsi, Kolusi dan Nepotisme atau lebih dikenal dengan (KKN).
Korupsi merupakan penyakit yang sudah memasuki tahap stadium akhir, yang merasuki seluruh lapisan struktur pemerintahan dan birokrasi; dari pejabat negara rendahan sampai pejabat level tinggi seperti kepala pemerintahan, kementrian, dan lainnya. Kondisi politik yang amburadul makin memperburuk sistem administrasi negara. Kondisi negara seperti ini tidak akan mampu untuk mengatasi berbagai problem yang bermuara pada praktik KKN.
    Hal penting dalam upaya pemberantasan korupsi adalah pertama, penindakan, yaitu melakukan penyilidikan, pemeriksaan dan penghukuman dilakukan oleh pihak kepolisian dan KPK. Kedua; pencegahan, pencegahan ini dilakukan melalui peraturanperaturan yang dibuat oleh pihak yang berwenang agar terjauh dengan korupsi. Ketiga; pendidikan, Pemuda bisa mengambil perannya di bidang pendidikan, dimana pemuda menjadi wadah dan pihak yang aktif memberikan pendidikan pencegahan dan bahaya korupsi bagi generasi di bawahnya ataupun sampai kepada masyarakat umum yang ada di sekitarnya.
      Oleh karena itu, peran pemuda sangatlah penting dalam mengawali dan mengawasi perubahan sosial yang terjadi di masyarakat, terlebih seperti korupsi yang menjadi tugas terbesar dalam peradaban ummat manusia yang harus diselesaikan dengan cepat karena akan mengakibatkan dampak yang begitu besar seperti kanker pada tubuh yang dapat membunuh keaktifan tubuh lainnya. Dengan peran optimal dari pemuda diharapkan bisa menjawab permasalahan sosial di masyarakat sosial di sekitarnya dan menjadi panutan bagi masyarakat, dengan  demikian akhirnya pemuda wajib menjadi pemuda yang inspiratif, inovatif dan memiliki sifat visioner bagi pembangunan bangsa sehingga menjadi agent of change di hari yang akan datang.
Ada  kata bijak  “Bukanlah pemuda yang mengatakan bahwa inilah ayahku, akan tetapi pemuda itu yang mengatakan inilah aku”, sekiranya pemuda menjadi pelita dalam kegelapan dan penuntun dalam kebingungan. (bach)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan