PARTISIPASI PKK DALAM PEMBANGUNAN GAMPONG

meunasahblangsakti.desa.id | Kelompok pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK) yaitu organisasi kemasyarakatan memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Bangsa. Organisasi ini tujuannya mewujudkan keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju-mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Kelompok PKK Gampong (Desa) Meunasah Blang Sakti memiliki 8 program kegiatan yang pada hakikatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, diantaranya :

1.   Gotong Royong

2.   Pangan

3.   Sandang

4.   Perumahan & Tatalaksana Rumah Tangga

5.   Pendidikan & Ketrampilan

6.   Kesehatan

7.   Kelestarian Lingkungan Hidup

8.   Perencanaan Sehat

Di Gampong (desa) Meunasah Blang Sakti,  Kelompok PKK aktif menjalankan tugas dan perannya di masyarakat sesuai dengan program kegiatan tersebut. Beberapa kegiatan yang dilakukan di antaranya :

~ GOTONG ROYONG

Program gotong royong merupakan salah satu kegiatan sosial yang dilakukan guna mempererat rasa persatuan antar warga dan bersama-sama berpartisipasi dalam pembangunan. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program gotong royong di antaranya adalah kegiatan kerja bakti, arisan, dan kegiatan bersifat sosial lainnya.

~ PANGAN

Program pangan merupakan salah satu program dalam membimbing dan memberdayakan masyarakat di bidang kesejahteraan pangan. Serta memberikan dorongan untuk para ibu rumah tangga agar dapat memberikan gizi yang baik untuk keluarganya. Beberapa kegiatan PKK dalam program pangan ini diantaranya adalah penyuluhan tentang penerapan gizi dan makanan 4 sehat 5 sempurna, pemanfaatan pekarangan rumah untuk kebun mini, pelaksanaan KSBP (kebun sehat bergizi posyandu), dan lain-lain.

~ SANDANG

Program pangan merupakan salah satu program PKK dalam memberikan bimbingan kepada ibu rumah tangga tentang keindahan dan kepantasan dalam berbusana serta melestarikan busana produk dalam negeri, terutama busana tradisional. Adapun beberapa kegiatan dalam program ini di antaranya adalah penyuluhan busana serasi dan pantas pakai, pelatihan menjahit, lomba busana tradisional pada hari kartini, pelatihan tata rias dan lain-lain.

~ PERUMAHAN & TATALAKSANA RUMAH TANGGA

Program perumahan dan tata laksana rumah tangga merupakan salah satu program PKK dalam membimbing ibu rumah tangga dalam pelaksanaan tata kelola rumah tangga. Program ini juga bertujuan menciptakan lingkungan yang baik. beberapa kegiatan yang dilakukan untuk program ini diantaranya penyuluhan kebersihan rumah, penyuluhan tentang ventilasi rumah, penyuluhan tentang pembuangan limbah rumah, dan lain-lain.

~ PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN

Program pendidikan dan keterampilan merupakan salah satu program organisasi PKK untuk menciptakan SDM wanita yang berwawasan dan terampil. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk program pendidikan dan keterampilan ini diantaranya seperti, pelatihan keterampilan, pelatihan daur ulang, dan lain-lain.

~ KESEHATAN

Program kesehatan merupakan salah satu progam organisasi PKK untuk memberikan kesadaran masyarakat akan hidup sehat. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam hal ini biasanya PKK bekerja sama dengan posyandu /puskesmas untuk mengadakan program kesehatan seperti penyuluhan kesehatan, senam bersama, pemeriksaan kesehatan untuk ibu hamil dan lansia, dan lain-lain.

~ KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

Program kelestarian lingkungan hidup merupakan salah satu program PKK dalam melestarikan lingkungan di masyarakat desa. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program ini diantaranya adalah melakukan gerakan penghijauan, membudayakan hidup bersih dan sehat, penanaman tanaman obat keluarga (TOGA), dan lain-lain.

~ PERENCANAAN SEHAT

Program perencanaan sehat merupakan salah satu program PKK dalam memberikan pemahaman perencanaan sehat kepada masyarakat desa. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam hal ini diantaranya seperti penyuluhan tentang KB, penyuluhan tentang perkawinan dini, dan lain-lain.

Dengan adanya organisasi PKK, dengan program-program tersebut diharapkan dapat memberikan sumbangsih dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Gampong (desa) Meunasah Blang Sakti. (bach)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan